Sabtu, 13 Desember 2014

12.28
Salah satu ikon dari brussels adalah patung seorang anak kecil dengan raut muka bahagia atau biasa disebut manneken pis . tapi tidak hanya patung bocak laki-laki kencing saja yang dapat anda temui , ada juga patung kencing anak - anak wanita an juga patung anjing kencing.

Sumber dari google
1. Manneken Pis

Patung ini terletak di persimpangan jalan dekat Grand Place , Patung ini ditempatkan disana oleh pematung Hieronimus Duquesnoy . Kenapa patung ini dibuat dikarenakan ada seorang pemuda yang mengencingi jerami yang terbakar dan dengan dia mengencingi itu dia berhasil memadamkannya dan menyelamatkan kota dan ada cerita lain lagi seorang pedagang kaya yang kehilangan putranya dan akhirnya dia menemukannya dan senang hati kencing di sebuah taman kecil.

Sumber dari google
Salah satu alasan kenapa orang banyak mengunjungi icon dari kota brussel ini karena setiap minggu ada yang unik disini , anda akan mendapati patung manneken pis mengenakan pakaian ala tentara pada zaman perang dulu.

Sumber dari google
2. Jeanneke Pis

jeanneke Pis adalah adik dari Manneken pis , patung dengan ukuran kurang lebih setengah meter ini dicirikan sebagai gadis kecil dengan rambut di kuncir pendek , berjongkok dengna mengeluarkan air dari alat kelaminnya .

Sumber dari google
Sumber dari google
3. Zinneke Pis

Ini merupakan patung ketiga yang akan anda temui di Brussels , patung ini merupakan patung anjing yang sedang mengencingi keran air.

Sumber dari google
Sumber dari google